Pengikut

Peneliti IBM menemukan terobosan pada media penyimpanan data


Peneliti IBM menemukan temuan baru pada teknologi penyimpanan data. Andreas Heinrich, peneliti utama di bidang penyimpanan atomik pada laboratorium riset IBM di Kalifornia mengatakan kepada Science Journal bahwa timnya mampu menempatkan satu bit data di dalam 12 atom, atau ribuan kali lebih efisien daripada media penyimpan hard disk saat ini yang bisa menyimpan satu bit data di dalam satu juta atom.

Eksperimen ini dilakukan dalam suhu nol absolut (-273 derajat Celcius), sehingga sulit diterapkan dalam dunia nyata. Di dalam penggunaan nyata, penyimpanan satu bit data akan bisa ditempatkan dalam 150 atom, yang masih sangat lebih efisien dibandingkan media penyimpan yang ada saat ini.

Menurut analis, pencapaian ini akan dapat direalisasikan ke suatu perangkat dalam waktu lima tahun mendatang. Dengan teknologi ini maka sebuah perangkat berukuran 1 TB akan memiliki ukuran sebesar lubang jarum, dan sebuah flash disk akan bisa menyimpan ribuan film dalam ukuran HD.
Dan di masa depan para pengguna SmartPhone tak perlu khawatir dengan ruang penyimpanan yang terbatas seperti saat ini dan tidak perlu menggunak cloud computing sebagai media penyimpanan.

sumber: teknoup.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berilah komentar yang baik, saya yakin anda pasti tau Etika ngeBlog. Bacalah Artikel terlebih dahulu, jangan hanya asal berkomentar. Komentar yang saya anggap Spam, akan saya hapus.
Aturan berkomentar di Blog Cyber Gaptek sangatlah sederhana.

Di Larang Live Link

Jadi berkomentarlah dengan baik dan sopan.
Terimakasih atas kunjungan anda.

happy
 

Mengenai Saya

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.