Pengikut

Korban Badai Sandy Unggah 10 Foto per Detik

foto
Sejumlah rumah dan kendaraan di Breezy Point, wilayah Queens, New York hangus terbakar akibat badai Sandy. Kebakaran akibat kebocoran gas merupakan salah satu dampak badai yang menerjang sejumlah wilayah di Amerika Serikat, total kerugian akibat badai Sandy diperkirakan mencapai $50 Miliar. AP Photo/Mike Groll, File

New York -- Media sosial berbasis foto, Instagram, mencatat ratusan ribu foto diunggah oleh warga yang terlanda bencana badai Sandy di pesisir pantai timur Amerika Serikat. "Ada sepuluh foto per detik yang diunggah dengan tagar #sandy," ujar CEO Instagram, Kevin Systrom, kepada Poynter, Rabu, 31 Oktober 2012.

Kevin menyatakan mayoritas ratusan ribu foto itu menggambarkan suasana warga sedang mengantisipasi badai dan suasana saat badai terjadi. Total, menurut Kevin, ada 411 ribu foto diunggah dalam waktu sekitar 11-12 jam saja.

Sebanyak 244 ribu foto diunggah dengan tagar #sandy, 144 ribu foto diunggah dengan #hurricanesandy, dan 23 ribu foto diunggah dengan tagar #frankenstorm.

Menurut salah seorang pengamat media sosial, Sara Lacy, banyaknya unggahan foto ketika badai Sandy adalah salah satu momen terbesar jurnalisme warga via media sosial. "Gambar adalah cara terbaik untuk bercerita soal (musibah) ini, dan warga memanfaatkannya," ujarnya.

Ia juga mengatakan aktifnya warga mengunggah foto saat bencana menempatkan mereka juga sebagai salah satu agen perubahan. "Indikasinya, kaum urban di New York tidak takut. Ini adalah salah satu bentuk revolusi dari pengguna Instagram," ujarnya.

Kejadian ini sebenarnya mengulang apa yang terjadi saat Amerika diguncang badai Irene, Agustus lalu. Kala itu memang Instagram belum populer. Saat itu, sebuah situs, yakni instacane.com, yang memuat foto-foto warga kala badai terjadi, menjadi primadona. Warga dapat melihat seberapa besar dampak yang ditimbulkan badai tersebut hanya melalui situs tersebut.

Situs yang diprakarsai oleh Peter Ng dan Chris Ackermann ini kembali aktif menyambut Badai Sandy yang menghantam Amerika akhir bulan lalu. Namun, berbeda dengan tahun lalu, pamornya kini sudah tergilas oleh Instagram.



baca juga artikel :- prediksi bola di blog-aldos                             


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berilah komentar yang baik, saya yakin anda pasti tau Etika ngeBlog. Bacalah Artikel terlebih dahulu, jangan hanya asal berkomentar. Komentar yang saya anggap Spam, akan saya hapus.
Aturan berkomentar di Blog Cyber Gaptek sangatlah sederhana.

Di Larang Live Link

Jadi berkomentarlah dengan baik dan sopan.
Terimakasih atas kunjungan anda.

happy
 

Mengenai Saya

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.