Pengikut

The Most Dangerous Virus: Virus Flame


Pagi ini saya di ingatkan tentang virus yang sangat berbahaya oleh  Anti Virus yang saya gunakan, Virus ini sangatlah berbahaya, kenapa? mari kita ulas sedikit tentang Virus berbahaya ini. :D


Virus berbahaya tersebut adalah adalah "Flame". Virus yang ditemukan oleh tim Kaspersky Lab ini dirancang khusus untuk memata-matai pengguna komputer yang terinfeksi dengan berbagai cara.

Seperti malware Stuxnet dan Duqu yang sempat membuat kacau proyek reaktor nuklir milik Iran, Flame disinyalir merupakan "senjata cyber" yang sengaja diluncurkan oleh sebuah negara untuk mencapai tujuan tertentu.
Walaupun si pembuat Virus ini belum diketahui, tapi mungkin Amerika dan Israel  menjadi dalang dibalik semua ini, karena virus ini  menginfeksi sejumlah komputer di negara-negara tertentu di Timur Tengah, termasuk Iran, Palestina, Israel, Lebanon, dan Suriah.

Berbeda dengan Stuxnet yang juga dikategorikan sebagai "senjata cyber", Flame sepertinya didesain bukan untuk merusak sistem, melainkan untuk mengumpulkan data dengan cara memata-matai pengguna komputer yang terinfeksi. 

Saat aktif di komputer, Flame mendeteksi lalu lintas jaringan dan menyadap percakapan audio, baik yang dilakukan melalui software, seperti Skype, maupun dengan cara mengaktifkan mikrofon komputer.

Malware ini juga sanggup merekam ketikan keyboard, mengambil screenshot, mencegat e-mail, bahkan mendeteksi dan mencuri data dari perangkat bluetooth.
Data-data curian yang dikumpulkan Flame kemudian dienkripsi dan dikirimkan ke sejumlah domain "Command and Control" milik pembuatnya yang tersebar di seluruh dunia dan bisa diganti ke alamat lain kapan saja apabila domain yang bersangkutan ditutup atau ditinggalkan.

Begitu canggihnya fungsi Flame, para ahli diperkirakan butuh waktu bertahun-tahun untuk mempelajari hal-hal apa yang bisa�dan akan�dilakukan malware tersebut.

Muncul rumor bahwa serangan senjata cyber yang belakangan muncul bisa jadi ditujukan untuk menekan Iran dalam negosiasi program nuklirnya. Flame pertama kali ditemukan di komputer milik Kementerian Minyak Iran.

Selain Flame, ditemukan juga malware lain bernama "Viper" yang berusaha menghapus data dari server.
Virus ini melakukan penyebarannya melalui Jaringan/Web, dan yang sangat di khawatirkan virus ini diprediksi telah ada sejak tahun 2010, sedangkan Kapersky Lab baru menemukannya 2 minggu lalu, dan yang jadi pertanyaannya, apakah selama ini komputer kita telah terinfeksi virus ini? dan si pembuat telah mengetahui segala aktvitas yang sedang kita lakukan? haha. .
Walaupun data kita mungkin tidak "penting", tapi setidaknya virus ini bisa menambah beban komputer kita, karena dia melakukan aktivas-aktivitas lain.
jadi waspadalah!! :D

source : tekno kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berilah komentar yang baik, saya yakin anda pasti tau Etika ngeBlog. Bacalah Artikel terlebih dahulu, jangan hanya asal berkomentar. Komentar yang saya anggap Spam, akan saya hapus.
Aturan berkomentar di Blog Cyber Gaptek sangatlah sederhana.

Di Larang Live Link

Jadi berkomentarlah dengan baik dan sopan.
Terimakasih atas kunjungan anda.

happy
 

Mengenai Saya

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.